Jumat, 17 Mei 2013

Kenapa Shalat Jumat 2 Rakaat



Siapa sih diantara umat muslim di dunia yang tak tahu sholat Jum’at? Pasti tahu dong. Dan ini adalah kewajiban seorang muslim untuk sholat Jum’at. Sebenarnya sholat Jum’at ini sama halnya dengan sholat zhuhur. Hanya saja kita mendengarkan khutbah dari sang khotib kemudian sholat 2 rakaat. Ya, itulah sholat Jum’at. Mudah bukan? Mudah bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa!

Dulu Saat SD Indah pernah ikutan sholat Jum’at di sekolah. Sebenarnya sholat Jum’at hanya wajib bagi kaum adam bukan untuk kaum hawa. Tapi di sekolah SD perempuan juga ikut melaksanakannya. Dulu, masih kecil.. Waktu SD aku dan teman-teman tidak suka dengan sholat Jum’at.. Habis lamaaaaaaaaaa bangettt! Karena lama kita ngobrol saja sembari sang khotib berbicara. Parah kan? Makanya! Gak usah ditiru. Ini gak baik.. Hehe ^_^

Karena kami ngobrol panjang kali lebar. Dan buat suasana sholat Jum’at kurang tenang akhirnya.. Setelah sholat kami diberi tahu oleh guru kami..

“Kalian.. Jika khotib sudah naik mimbar. Tidak ada yang berbicara. Terlebih lagi ketika khotib sedang berkhutbah. Kalian tidak boleh sama sekali ngomong. Bahkan sekedar “Sssssttt..” apa sekedar berkata “Geser dong” kalian batal sholatnya. Tahu tidak? Kenapa sholat Jum’at hanya 2 rakaat? Karena 2 rakaatnya diganti dengan mendengarkan khotib berkhutbah.! Jadi saat kotib naik mimbir kalian sudah mulai sholat.. Jangan ada yang mengobrol lagi.. Tidak ada yang berbicara lagi. karena jika begitu, kalian batal sholat jum’at”

Saat dibilangin seperti itu.. Kami hening..! Kami takut! Akhirnya minggu depannya kami diam. Tapi teman-temanku masih ingin mengobrol. Sahabat tahu apa rencana temanku? Ia membawa kertas dengan pensil. Sahabat tau apa yang dilakukannya? ngobrol dengan tulisan. Dengan mengopernya ke teman seblahnya..! Nakal kan? Jangan ditiru ya.. Gak baik!

Terkadang, kalau tidak sempat bawa kertas.. Bawa penghapus. Kemudian penghapus itu seperti pensil dan kertasnya adalah karpet. -__-” Tapi kami tidak berbicara dengan lisan lhoo.. Hanya dengan tulisan. whohoho, Tapi itu hanya beberap kali saja. Sekarang juga enggak! Tapi, kami rewel-rewel terus. Habis. Kita harusnya keputrian! Bukan sholat Jum’at.

Akhirnya saat kelas 6 kami ada keputrian. Seru ternyata! Dulu istri nabi pun juga begitu. Saat laki-laki sholat jum’at. Para perempuan berkumpul. Ya, begitulah..! Kadang peutrian suka membahas sesuatu. Atau kadang… bikin sesuatu. Seperti bikin bross. Ya, itulah kami.. Kami pun juga suka mengobrol apa saja setelah kami sholat dzuhur.

Dan sekarang pun… Saat Indah SMP Indah juga melaksanakan sholat Jum’at. Sebenarnya baik. Tapi sama… Yang lain juga rewel.. Kenapa enggak keputrian.. Tapi kalau di SMP, kadang Indah suka sebal.. Banyak yang berbicara. Indah juga pernah bilang.. Tapi kadang terkadang mulai lagi. Menurut Indah dan beberapa ulama ketika tidur saat khotbah itu tidak membatalkan wudhu. Karena bukan tidur terlelap. Tapi ketika yakin batal.. Maka berwudhulah! Tapi kalau yakin tidak batal.. Itu lebih baik!..

Oke, jadi ketika kita sholat jum’at Keep silent yaww! ^_^ Makasih..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar